◘ Pengertian
Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
◘ Sejarah Animasi
- Sejarah mencatat pada tahun 30.000 SM (sebelum masehi) terdapat lukisan didinding goa di Spanyol yaitu gambar babi hutan dengan kaki berjumlah delapan. Hal ini menandakan orang dahulu sudah memikirkan cara menggambarkan sesuatu yang bergerak dengan menggunakan gambar yang bertumpuk.
![01 sejarah animasi DodyAnimation](http://i1.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-39-36.jpg?resize=324%2C194)
- Pada tahun 1.600 SM di Yunani dan Mesir orang-orang sudah bisa menggambarkan gerakan dengan gambar yang berurutan. Hal ini di buktikan dengan lukisan di dinding piramida dan juga pada perabotan rumah tangga mereka.
![01 sejarah animasi DodyAnimation](http://i0.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-40-21.jpg?resize=613%2C193)
- Selanjutnya pada tahun 1824 ditemukan sebuah alat sederhana bernama THAUMATROPE. Alat ini berbentuk lempengan dengan dua sisi saja seperti uang logam. Saat diputar dengan cepat tentunya kedua sisi itu akan memberikan kesan satu permukaan/ satu gambar.
![03 sejarah animasi DodyAnimation](http://i1.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-40-29.jpg?resize=350%2C186)
- Pada tahun 1831 ditemukan alat lagi yaitu PHENAKISTOSCOPE. Alat ini berbentuk seperti kipas tangan, dengan gambar yang berurutan pada satu sisinya. Dan juga terdapat beberapa lubang untuk melihat adegannya saat diputar. Bila dilihat langsung tanpa lubang maka kita tidak bisa melihat gerakan pada alat ini. Namun bila dilihat dari balik lubang dan dipantulkan ke cermin maka kita bisa melihat gerakannya.
![04](http://i2.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-40-37.jpg?resize=251%2C168)
- Pada tahun 1867 ditemukan alat yang mirip dengan sebelumnya. Namanya ZOETROPE, atau biasa juga disebut dengan WEEL OF LIFE. Cara kerja alat ini mirip dengan alat sebelumnya, namun sekarang berbentuk tabung. Sehingga adegannya bisa diganti-ganti.
![05 sejarah animasi DodyAnimation](http://i0.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-40-44.jpg?resize=238%2C189)
- Tahun 1877 dilanjutkan dengan alat bernama PRAXINOSCOPE. Alat ini juga berbentuk tabung dan adegannya bisa di ganti-ganti dengan roll film baru. Bedanya ada pada bagian tengah roda. Ditengahnya terdapat cermin yang diposisikan bersilangan. Hal ini menggantikan teknik lobang yang sebelumnya digunakan untuk melihat adegan. Pada perkembangannya alat ini bisa memutar animasi dengan durasi yang lebih lama dengan cara dibesarkan ukuran tabungnya. Dan juga dengan modifikasi akhirnya bisa di pancarkan ke dinding dengan menggunakan lampu dan cermin. Jadilah proyektor sederhana.
![06 sejarah animasi DodyAnimation](http://i0.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-40-52.jpg?resize=265%2C215)
- Tahun 1868. Selanjutnya setelah teknik dan teknologi fotografi ditemukan maka hal ini juga berpengaruh apada teknologi animasi. Animasi sudah bisa di tampilkan dengan cara di foto terlebih dahulu kemudian di proyeksikan. Teknik ini disebut dengan flipbook, atau animasi pada lembaran kertas yang bisa di lihat dengan cara dibuka dengan cepat.
![07 sejarah animasi DodyAnimation](http://i2.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-41-00.jpg?resize=321%2C198)
- JAMES STUART BLACKTON seorang tukang gambar (ilustrator) dari koran di New York mencoba membuat animasi stopmotion dengan menggunakan kapur tulis dan kamera foto. Disini James membuat adegan orang yang sedang merokok, seluruh adegan dan efek asapnya dibuat dengan kapur tulis. Film yang dia buat diberi judul: Humorous Phases of Funny Faces (1906)
![07 sejarah animasi DodyAnimation](http://i1.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-41-08.jpg?resize=348%2C238)
- Tahun 1924, seorang ilustrator bernama Winsor Mc Cay membuat film animasi yang berjudul Gertie The Dinosaur. Film ini berdurasi lebih panjang dari film-film animasi yang sudah ada sebelumnya. Oleh sebab itu film ini layak di tayangkan di bioskop pada masa itu. Dan karenanya mana Winsor Mc Cay dinobatkan sebagai bapak animasi dunia.
![1109 sejarah animasi DodyAnimation](http://i1.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-41-17.jpg?resize=393%2C286)
- Tahun 1928 Walt Disney mengeluarkan film animasi yang sudah memiliki suara. Film pertama yang bersuara ini diberi judul Steamboat willie. Didalam film ini Walt Disney mengenalkan sosok Mickey tikus yang kita kenal sampai sekarang. Selang satu tahun, yaitu tahun 1929, Walt Disney mengeluarkan lagi film musikal berjudul The Skeleton Dance. Film ini menceritakan adegan menari para tengkorak, dan tentu saja adegannya sangat lucu dan menarik.
![10 sejarah animasi DodyAnimation](http://i1.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-41-26.jpg?resize=557%2C221)
- Tahun 1932 Walt disney kembali mengeluarkan film animasi dengan judul Flowers & Trees. Dan menariknya, film animasi ini sudah menggunakan teknik pewarnaan. Sehingga lengkaplah sudah semua teknik dasar untuk sebuah film. Yaitu ada suara dan ada warnanya.
![11 sejarah animasi DodyAnimation](http://i0.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-41-36.jpg?resize=334%2C267)
- Tahun 1936 Mulai bermunculan studio animasi baru. Diantaranya ada studio Warner bros yang mengeluarkan film Bugs Bunny.
![12 sejarah animasi DodyAnimation](http://i0.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-41-44.jpg?resize=248%2C185)
- Tahun 1937 Kembali Walt Disney mengeluarkan film animasi musikal yang sampai sekarang selalu dikenang, yaitu “Snow white and the seven dwarfs” atau Putri salju dan tujuh kurcaci.
![14 sejarah animasi DodyAnimation](http://i1.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-41-51.jpg?resize=353%2C217)
- Berikutnya muncul lagi studio animasi baru yang mengeluarkan film animasi Scuuby Doo. Tentu anda sangat akrab dengan film animasi ini karena sampai sekarang film ini masih sering ditayangkan di stasiun TV kita. Studio animasi itu adalah HANNA-BARBERA tahun 1970
![14 sejarah animasi DodyAnimation](http://i2.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-41-59.jpg?resize=294%2C218)
- Pada tahun 1995 sebuah film animasi CGI (Computer generated Imagery) muncul dengan judul Toy Story. Film 3D pertama ini dibuat oleh Studio Pixar. Sampai sekarang Pixar selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang berkualitas, seperti Finding Nimo, Mr Incredibles, Cars, dan lain-lain.
![15 sejarah animasi DodyAnimation](http://i1.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-42-06.jpg?resize=172%2C209)
- Selanjutnya tahun 2001 studio Dreamworks juga mengeluarkan film animasi CGI pertamanya berjudul Shrek. Dan sampai sekarang juga Dreamworks animation selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang berkualitas, seperti: Kungfu panda, How to train your dragon, Madagascar, Bee the movie, dll
![16 sejarah animasi DodyAnimation](http://i0.wp.com/www.dodyanimation.com/wp-content/uploads/2013/10/11-10-2013-4-42-14.jpg?resize=243%2C247)
- Hingga kini teknik animasi selalu dipakai baik dalam film layar lebar maupun film-film televisi. Perkembangan film animasi sangatlah pesat.
◘ Carakerja Animasi
Prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision
(pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre
Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil
membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar
pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya
animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai: Suatu sequence gambar
yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah
ilusi gambar bergerak.
◘ Perkembangan Animasi
Perkembangan animasi tersebut juga termasuk berkembangnya keinginan untuk terus menggambar format-format baru. Tercatat Emilie Reynauld dari Perancis yang berlanjut ke Thomas Alva Edison dan Lumiere, adalah orang-orang yang mengawali pembuatan film dengan menggunakan listrik. Sebuah kamera merekam motion picture
di atas film, yang semula berjumlah 12 gambar per detik kemudian
dikembangkan menjadi 16 gambar per detik, hingga menjadi 24 gambar
setiap detik demi membuat gerakan gambarnya menjadi halus. Sehingga bila
dikalkulasikan semuanya adalah 1440 gambar tiap menitnya, atau sekitar 86.400 gambar per detiknya untuk durasi 1 jam.
Sementara
itu untuk memanipulasi 24 gambar tersebut, beberapa animator dan
kebanyakan dari limited animation animator membuatnya jadi 12 gambar
dengan menggunakan gaya gerakan animasi “in two” yang memotret
tiap gambarnya sebanyak 2 kali, sehingga akan tetap didapatkan 24 meski
tidak sehalus 24 gambar aslinya (full animation). Dan gaya “in two”
inilah yang turut dikembangkan studio-studio animasi di Indonesia.
Sebenarnya secara umum, masyarakat Indonesia sebenarnya sudah diperkenalkan pada film animasi global, sejak lama. Seni Wayang Kulit dan Wayang Golek sebenarnya merupakan cikal bakal daripada animasi itu sendiri. Namun seusai Indonesia merdeka, barulah terpetik keinginan untuk membuat film animasi full sendiri. Setelah mengalami berbagai perubahan, Pusat Film Negara (PFN) mengirim Pak Ooq (Dukut Hendronoto) ke studio Walt Disney di Amerika untuk belajar teknik pembuatan film animasi pada tahun 1950-an. Sepulang dari Amerika, Pak Ooq mulai membuat beberapa film animasi dengan teknik cel animation dengan durasi sepanjang 5 menit berjudul Si Doel Memilih (sebuah iklan propaganda Pemilu).
Nama lain yang juga masih konsisten menggeluti animasi dan kartun adalah Dwi Koendoro dengan karya fenomenalnya Panji Koming, Batu (film animasi dengan kamera 8mm) tahun 1974, Trondolo (1975) serta Beruang (bersama Pramono dengan teknik object animation) tahun 1976. Ada juga Suyudi (Pak Raden) dengan animasi berteknik handpuppet animation-nya berjudul Si Unyil. Setelah era tersebut, mulai bermunculanlah begitu banyak Production House yang menggeluti animasi di Indonesia, seperti yang pernah dikenal: Index Production House (serial Bima 2000 dan serial Sunan Kalijaga), Radian – Dina Mariana (serial non-fiksi Aikon), Red Rocket (studio animasi di Bandung dibawah pimpinan Poppy Palele), Bening (serial legenda rakyat), Urakurek (serial Mahabharata), Kasatmata (film layar lebar Homeland), MSVpictures (Jatayu dan Petualangan Abdan), Dreamlight World Media Jogjakarta (TVC World Cup 2010 Nusantara dan Serial DUFAN) dan masih banyak lagi.
Dewasa ini kesukaran utama tentang dunia animasi di Indonesia adalah bagaimana cara agar animasi lokal bisa ditayangkan oleh stasiun-stasiun televisi nasional. Bahan dasar yang utama, yaitu kertas, telah mulai naik harganya. Kebutuhan hidup semakin naik yang berarti “kesejahteraan” untuk para animatornya juga harus semakin naik, meski itu belum selalu terjadi di beberapa studio animasi. Dan sistim pembelian dari stasiun-stasiun televisi nasional sedikit banyak tidak bisa menutup biaya produksi per episodenya. Dari sisi script pun demikian. Masih banyak animasi lokal yang kurang digemari peminatnya di Indonesia sendiri. Kurangnya riset dan survey cerita yang diminati masyarakat bisa menjadi salah satu pemicunya. Akibatnya yang kerap terjadi adalah studio-studio animasi itu mengerjakan animasi sebatas hanya sebagai ”penjahit”, artinya hanya sebatas mengerjakan order proyek bukan sebagai kreator full. Lebih ironis lagi bahwa mereka termasuk mengerjakan dari negara lain, diantaranya Jepang dan Malaysia. Namun tidak bisa disalahkan dan tentu saja bisa dimaklumi karena studio animasi juga butuh sesuatu untuk bisa tetap survive diantara terjangan perkembangan dunia advertising dan multimedia. Sudah seharusnya pemerintah memperhatikan dunia kreatif terutama di dunia seni dan teknologi, tidak melulu berkutat di infrastruktur. Tetaplah semangat para animator!
◘ Style Animasi
ASIA
-
Gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam
lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton.
- Memiliki karakteristik visual yang sangat bervariasi dan tidak memiliki gaya yang baku.
- Penggambaran tokoh nya biasanya non realistik / berlebihan.
Contohnya seperti pada penggambaran mata yang berlebihan atau gaya
rambut yang liar ( terdapat pada animasi Jepang / biasa dikenal dengan
nama Anime )
Latar
belakang penggambaran tokoh seperti ini dipopulerkan oleh seorang
komikus ( mangaka ) Jepang yang bernama Ozamu Tezuka. Pada awalnya Ozamu
sebetulnya terpengaruh oleh gaya kartun-kartun barat. Ia menganggap
ukuran mata yang besar dapat mengekspresikan emosi yang lebih kuat. Gaya
semacam itu ia tunjukkan dalam manga-manga karyanya, yang kemudian
mempengaruhi banyak mangaka untuk menggunakan gaya serupa. Kemudian gaya
para mangaka ini pun mempengaruhi Anime ( Jepang ) beserta
animasi-animasi dari negara asia lainnya.
· Contoh animasi Asia :
AMERIKA
Disebut animation ( dari kata to animate )
- Hampir ada propaganda politik negara asal.
- Hampir ada propaganda politik negara asal.
- Ceritanya monoton.
- bisa dinonton semua umur termasuk anak kecil .
- memiliki karakteristik gaya yang baku.
- tampilan karakternya sesuai dengan gambaran objek sebenarnnya.
- alur dari animasi tersebut menggambarkan alur kehidupan nyata.
- ada satu hal yang lazim di hampir semua animasi Amerika itu adalah
episodik. Episode setelah episode, kembali karakter utama tidak
berubah dan tidak terpengaruh oleh kejadian episode sebelumnya.
· Contoh animasi Amerika :
EROPA
berbeda dengan kartun pada umumnya. Ini tidak ada dialog yang terucap antar tokoh sama sekali. Tidak ada suara keluar dari tokoh utama maupun tokoh lainnya. Suara yang ada hanya sebatas back sound. Animasi buatan Perancis yang sebagian besar tokohnya mengambil tema binatang itu hanya mengandalkan mimik wajah karakter tanpa dubber atau pengisi suara. Kadang hanya terdengar suara tokoh menghela nafas atau melengos, untuk mengekspresikan emosi karakter.
· Contoh animasi Eropa :
◘ Jenis Animasi
Animasi Stop motion
Animasi Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang
dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap
pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga
menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan
secara berkesinambungan. Tokoh/objek dari tanah liat sering digunakan
dalam stop motion untuk kemudahan mereka mereposisi. Gerakan animasi
menggunakan tanah liat disebut clay animation or clay-mation. Pada
umumnya animasi awalnya bukan video, melainkan kumpulan gambar yang
berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video. Begitu pun stop
motion, juga terdiri dari kumpulan gambar yang berurutan. Namun kumpulan
gambar yang didapatkan dalam stop motion tidak lah sehalus pengerjaan
animasi dengan komputer. Karena pengambilan sebuah gambarnya memerlukan
penggerakan objek secara manual. Dan objeknya bukanlah benda hidup.
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam
perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat)
sebagai objek yang digerakkan . Tehnik stop-motion animasi pertama kali
ditemukan oleh stuart blakton pada tahun 1906 yaitu dengan menggambar
ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya
dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah
selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam
visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat
ini.
Wallace and gromit dan chicken run, karya nick parks, yang sempat hadir
di jakarta beberapa saat yang lalu adalah salah satu contoh karya stop
motion animation. Contoh lainnya adalah celebrity deadmatch di mtv yang
menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia. Jangan
lupakan pula nightmare before christmast karya yang tim burton yang
terkenal dengan film batman dan edward scissorhands. Sejauh ini
perkembangan stop motion animation di indonesia belum terlalu besar,
sehingga sulit menjadi animator yang mau berkarya pada bidang ini. Salah
satu penyebabnya bisa jadi adalah tingkat kesulitan dan kesabaran yang
cukup tinggi, yang tentu saja tidak dipunyai oleh setiap orang.Dari berbagai jenis karya animasi, salah satunya adalah cara membuat animasi stop motion. Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi.
Animasi Tradisional
Animasi Tradisional adalah teknik animasi
yang paling umum dikenal sampai saat ini. Animasi tradisional juga
dikenali sebagai animasi cel atau animasi yang dihasilkan dengan tangan
iaitu setiap proses melibatkan tangan.Animasi tradisional merupakan
proses yang digunakan untuk filem-filem animasi yang paling lama iaitu
pada abad ke-20.Bingkai individu filem animasi tradisional adalah
gambar-gambar lukisan, yang mula-mula dilukis di atas kertas. Untuk
mencipta ilusi pergerakan, setiap lukisan berbeza sedikit daripada yang
sebelumnya. Lukisan yang animator dikesan atau salinan ke helaian telus
yang dipanggil cels, yang dipenuhi dengan cat dengan warna-warna yang
diberikan atau nada di sebelah yang bertentangan dengan lukisan
garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar satu demi satu ke filem
filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Animasi Komputer
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.
Perkembangan teknologi komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat animasi. Animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
Animasi komputer menggunakan CGI . CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara digital. Bentik sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D (untuk efek-efek khusus dalam film-film, program-program televisi, iklan-iklan, simulator-simulato dan sumilasi umumnya, dan media cetak), pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
Animasi 2D terus dikonsumsi oleh para animator-animator dunia. Selain Disney, perusahaan lain yang menggunakan animasi 2D adalah Nickelodeon. Nickelodeon menciptakan beberapa film-film kartun, salah satu yang menjadi icon juga adalah SpongeBob Square Pants.
animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995)
Cara kerja animasi computer mulai dari :
- Pra-produksi (Konsep, Skenario, Pembentukan karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX), Produksi (Lay out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring),
- Post-produksi (Composite, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya)
- Dikerjakan/digarap seorang animator dengan banyak bantuan komputer, teknik cell animasi diadopsi dalam animasi komputer, kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya di program menjadi frame komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame dan dibuat di dalam satu layer atau beberapa layer.
Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba-lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
Sumber :
http://blodigersrezzal.files.wordpress.com/2014/05/animasimultimedia.pdf
Buku The animators survival kit
http://animationforus.weebly.com/cara-kerja-animasi.html
Buku The Technique of Film Animation (John Halas)
Buku Keajaiban Animasi (Gatot Prakosa)
Animix (Dwi Koendoro “Berkenalan dengan Animasi”)
Eleven Hours
Animated Cartoons
http://animasikuu.wordpress.com/c-a-s-e/perbedaan-style-animasi/
Buku The animators survival kit
http://animationforus.weebly.com/cara-kerja-animasi.html
Buku The Technique of Film Animation (John Halas)
Buku Keajaiban Animasi (Gatot Prakosa)
Animix (Dwi Koendoro “Berkenalan dengan Animasi”)
Eleven Hours
Animated Cartoons
http://animasikuu.wordpress.com/c-a-s-e/perbedaan-style-animasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar